Jumat, 31 Agustus 2012

sedikit tentang sisi lain

kemarin ngobrol sama nyokap tentang PNS. menurut gue ya, PNS yang bener itu cuma 2 orang di seantero negeri ini, bokap sama nyokap gue.

gara-gara sebelumnya gue dapat cerita kok ada PNS lulusan D3 yang gajinya 15 juta.

sebenernya informasi yang gue dapat juga ga detil sih. berhenti sampai di situ. jadi gue gak tau itung-itungannya kayak gimana. tapi yang pasti pas tau cerita itu, pikiram gue udah negatif banget sama si subjek yang ada di cerita itu. taulah, sejenis KKN dan uang panas yang berseliweran di mana-mana itu.

well, rasanya gue belum jadi terpelajar yang belajar bagaimana menjadi adil mulai dari pikiran. ternyata susah banget menerapkan 1 kalimat dari Pram itu.

baru setelah ngobrol sama nyokaplah, terbuka lagi tuh pertimbangan dan kemungkinan-kemungkinan lain di balik 15 juta itu.
katanya:
1. ada kemungkinan itu adalah hasil kerja dia dari proyek-proyek lain yang dia kerjakan?
2. itu adalah gajinya sebagai CPNS selama 10 bulan. toh sebagai PNS adalah hal yang lumrah kalau gaji itu ditunda. apalagi CPNS, disuruh kerja dulu baru gaji masuk?
3. atau memang sekarang ini Pemda sudah mulai membenahi diri dengan mengapresiasi pegawainya, menimbang kemungkinan manusia usia produktif saat ini lebih tertarik masuk ke perusahaan multinasional?

duh! yaaa, malu sendiri sih gue ketika sadar dengan pemikiran gue yang sempit banget itu ya.

sampai sekarang gue belum mendapatkan jawaban pastinya sih tentang 15 juta itu. karena memang gue ga follow-up cerita itu. ah, anggap aja ini adalah pelajaran buat gue, yang sebaiknya gak langsung mencap sesuatu sebelum tau cerita di baliknya dengan sangat detil dan mencermati apa-apa saja yang memang perlu diperhatikan. dan yang juga ga kalah pentingnya adalah, lebih hati-hati ketika berpendapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar