Selasa, 03 Juli 2012

tempat terbesarku


Pernah ga ngeliat rumahnya Ahmad Dhani, yang punya Republik Cinta itu lho, yang anaknya ganteng (Cuma si Al doing sih yang yummy), yang anaknya ada yang  mirip banget sama bapaknya (yang ini si Dul), yang anaknya satu lagi gue ga terlalu kenal ya *alahh kaya kenal aja sama yang lain, hahaha*. Jadi suatu ketika, gue nonton tuh acara di televisi, acaranya Al,El,Dul. Gue mikir ya, kapaaan gue sama kakak dan adik gue punya acara tivi sendiri. Oke bukan itu sih yang mau gue bahas, hahaha. Jadi, suatu ketika gue nonton acara mereka itu, kebetulan yang jadi host nya itu si Dul. Dan di episode itu ceritanya adalah menjelaskan tentang tempat kediaman mereka.

UWOOOHH bangeettt pas ngeliatin rumahnya ya, ya ampun. Gedenya ga kira-kira, interiornya lebih ga kira-kira lagi, dan isinya lebih lebih lagi ga kira-kiranya. Oke, mulai dari luar ya. Ini gue menjabarkannya berdasarkan panduan dari si Dul. Dari luar udah keliatan banget megahnya ya,dengan pagar tinggi juga. Masuk ke dalam, eh ternyata kepotong iklan atau guenya yang skip ya, tau-tau udah sampai ke lantai 3 atau 4 ya *sampe lupa*. Di salah satu lantai itu adalah tempat tidurnya anak-anak itu. mereka kan bertiga tuh, jadi tempat tidurnya yang double bed ada 3 juga. Nah gue agak ga paham nih di bagian ini. Kenapa ga 1 double bed terus minta ekstra kasur satu, kan cukup??!! Di kamar itu, ada piala dan poster-poster juga foto-foto mereka. Ada tuh, foto pas mereka ke Manchester ya, di print gede-gede. Jadi norak aja sih kalau menurut gue *ih padahal mah sirik aja Dii, hahaha*. Terus si Dul itu nyeritain tentang piala-piala yang dia punya. Dia jago banget main futsal, jadi ada piala top scorer gitu-gitu. Kenapa bisa jadi top scorer? Kalau menurut gue, karena sepatunya bagus *lagi-lagi sirik, mahaha* tapi ini beneran ya, ada satu lemari ituuuu isinya sepatu futsal, bermerek, bagus, bikin ngiler, aaak… terus dia bilang, kalau yang ini punya gue, yang punya kakak yang lain beda lagi. Oh god why, kenapa ga satu buat bertiga kaya gue sama nyokap dan adek gue kalau beli sepatu??!! Ohya,hmm, mungkin memang ga selamanya kebetulan itu menyertai orang-orang, ga kaya gue, kebetulan ukuran kakinya sama sama mama dan adek, hahaha.

Masuk ke lantai berikutnya, itu adalah ruang tivi keluarga katanya, jadi yang bukan keluarga nontonnya ga di lantai itu tapi mungkin di lantai dasar. Selain ruang tivi, ada juga ruang computer. Berasa di perpus pusat UI kalau ke lantai itu. karena berjajar itu mac, katanya satu punya gueeh, satu punya kak Al, dan satu punya kak El. Katanya lagi, dipakai untuk ngerjain tugas. Bisa juga buat nonton. Nah gue jadi bingung, jadi nonton itu di tivi apa di computer sih? Aaah katroo katroo gue ini, ampuni gue, hahaha…

Naik lagi yaa. Di lantai berikutnya itu adalah ruang studio. Studio music. Beuuuh super mantap yang ruangan ini. Lengkap sekali fasilitasnya. Gue ga ngerti musik tapi ya gue tau kalo itu keren, hahaha. Katanya buat para artis Republik Cinta, rekaman dan latihannya di situ. Setelahnya, si Dul pamer kemampuan dia bermusik. Dia main drum, habis itu main gitar, uwooo buat yang ini gue akui mereka terfasilitasi banget untuk bermusik dan berkarya. Pada tau ga hasil karyanya apa ajaa? Itu lhoo yang lagu-lagunya dari band Lucky Laki, dengan lagunya ‘Sahabat’ dan ‘Superman’ *padahal ini hasil googling, muahaha*
Terus naik lagi ke rooftop alias atap. Di atap ini kita *kitaaa?? Mereka kaliii* bisa berenang. Tapi maaf, kebetulan ini lagi dikuras jadi ga bisa deh berenang, maaf banget yaaa, hehehe. Selain belajar berenang, dari atap rumahnya itu juga bisa banget mengasah skill sebagai snipper.

Gue lupa totalnya ada berapa lantai, 6 ya sepertinya. Dan gue juga ga ngeh apakah ada lift di dalam rumah itu, soalnya si Dul memandunya lewat tangga. Jadi lumayan cape juga *padahal Cuma nonton hahaha*. Setelah dari atap, kita diajak turun lagi untuk disuruh pulang. Sebelum berakhir acaranya, si Dul ngeliatin koleksi pajangan-pajangan bapaknya dari seluruh dunia yang ditempel di tembok sekitar tangga, keren-keren cuuyy! Hahaa. Sambil ngeliatin pajangannya gue mikir, rempong banget ya rumah sampai berapa lantai gitu, gimana cara manggil sodaranya kalau dia lagi di lantai 3 sementara gue lagi di atap, kan cape teriak-teriak. Atau masa kalau mau ketemu di dalam rumah susah banget? Tar pas gue di lantai dasar, sodara gue gatau ada di mana terus nyari-nyari terus cape terus ga jadi ketemu, kan ga lucu banget. Gue sih kebayang banget kalau nyokap manggil “masss, mbaa, adee, yok makaan..!” kayanya sih baru bakal makan besoknya, secara ngumpulinnya aja susah dan bingung juga kan di ruang makan mana kita harus makan? Ribet sekali. Ck.

Terus tayangan berikutnya adalah slide show sekilas tentang rumah tersebut. Di lantai sekian ada sofa panjaaaang banget dan kayanya sih empuk banget. Di lantai mana lagi ada meja makan marmer. Di atasnya ada makanan apa yang ditutup dengan TISSU. Ini beneran tissu, agak miris juga sih ngeliatnya, kenapa tissue dan kenapa ga tudung saji? Kan jadi gak keren, sama aja makan jajanan di warung. Terus si Dul nya nyomot makanan itu dan acara berakhir, katanya, “makasih banget ya pemirsa udah berkunjung ke rumah gue” yang secara ga sadar gue jawab sendiri,”iya sama-sama ya Dul udah boleh main”. Habis kata mama aku, jangan lupa bilang terima kasih kalau diundang orang lain ke rumahnya.

*

Eh gue baru ngeh, deskripsiin rumahnya aja 1,5 halaman, itu juga beruntung karena tayangan 20 menit itu ga gue inget semua, bisa jadi 6 halaman tuh untuk ngejelasin 6 lantai. Terus gue lupa apa yang mau gue bahas, ahahaha…

Sebenernya sih, selentingan-selentingan komen gue di atas udah mengisyaratkan sebuah pelajaran moral yang bisa diambil kali ya *pede*. Tapi oke gue jabarin aja secara lebih gamblang ya.
Rumah gue, alhamdulilah 2 lantai. Di lantai dasar *aiih* itu ada ruang tamu, ada sofanya satu dan ada 4 kursi tamu. Di lantai dasar juga, ada teras dan halaman depan, ada ruang makan, ada ruang tivi, ada kamar tamu, ada kamar mamah papah, ada kamar aku bareng sama adik aku, ada kamar mandi, ada dapur, ada garasi, ada tempat nyuci baju, dan ada juga taman kecil di deket dapur. Semua itu, adanya di lantai dasar. Jadi ga ribet harus naik turun kalau butuh apa-apa. Misalnya butuh mamah papah, ya tinggal cari saja di kamarnya. Kalau tidak ada, tinggal jalan muterin rumah, mungkin di dapur mungkin di garasi. Cape-capenya, mungkin ada di lantai 2. Buat nyokap juga ga nyusahin juga, kalau butuh anak-anaknya ya tinggal teriak aja dan dengan sekejap mereka akan siap di hadapannya. Hahaha..

Nah di lantai 2, itu ada tempat belajar *yang mana hanya nama karena kami belajar selalu di kamar tidur*, ada tempat nyetrika dan kamar kaka gue *karena dia laki-laki sendiri, jadi sepertinya diberikan privasi lebih, if you know what I mean, bahahahah*. Terus di atap gue, ada atap yang berfungsi sebagai pelindung rumah dari matahari dan hujan. Udah atap doang, ga ada kolamnya, hahahaha…. Ohh tapi, rumah gue lebih keren sebab di lantai 2nya itu ada jemuran outdoor dan indoor *gaya* keren ga tuh? Jadi sekiranya mendung dan tiba-tiba turun hujan, jemuran itu bisa pindah ke tempat jemuran yang indoor! Ga tiba-tiba juga sih pindahnya, harus ada usaha dari pelaku yaitu orang rumah untuk lari-lari ngangkatin jemuran dari luar ke tali-tali raffia yang ditebarkan sepanjang lantai dua itu, hahaha.

*

Intinya adalah, gue ribet banget dengan bangunan yang dibangun oleh Dhani yang namanya rumah itu. Dan banyak sekali gue yang gue syukuri bahwa konsep gue tentang rumah adalah lebih sederhana daripada bangunan mereka itu, bukan dari bangunannya tapi dari suasananya. Kalau di Bahasa Inggrisnya mah, bedanya antara house dan home. Sebetulnya gue melihat ada kehampaan di mata Dul ketika menceritakan tentang rumahnya itu *sebut gue sotoy, tapi ini buat lebih mendramatisir tulisan aja ya, hihihi*. Ya gimana ga hampa ya, lo sendiri di rumah yang besar. Oke, mungkin lo punya apa-apa banyak, tapi lo ga punya siapa-siapa untuk membagi apa-apa yang punya, rasanya sih buat gue pribadi itu yang nantinya menciptakan kehampaan dalam hati. Itu konsep pertama.

Konsep kedua, gue menganut prinsip rumahku istanaku, bukan istanaku rumahku. Kalau menurut gue, Dhani itu bangun istana yang disebut rumah. Sementara bokap nyokap gue ngebangun rumah yang dirasa sebagai istana. Memang ga megah, tapi gue merasa bangga banget dengan rumah gue. Memang ga indah, tapi bersih dan rapi *mudah2an hahaha*. Bersih karena ga susah ngebersihinnya karena rumahnya sederhana. Kebayang sih rempongnya gue kalau harus beresin  6 lantai. *ih sooo kamseupay banget ya gue, kalau punya rumah 6 lantai mah pasti punya pembantu* Gue juga merasakan ada kehangatan di dalamnya, ada canda tawa yang menggelegar, ada banyak orang yang senang ketika berkunjung ke rumah kami. Selain itu, gue merasakan ada sirkulasi udara dan energy positif yang baik di rumah ini. Mungkin karena pintu rumah senang terbuka, dibuka untuk masuknya angin selain dari kisi-kisi jendela dan juga dibuka untuk siapapun yang mau berkunjung bahkan kucing sekalipun. Sangat menyenangkan dan membuatku betah untuk berlama-lama di sini.

Rumah ini juga pada akhirnya menjadi magnet untuk setiap yang tinggal di sini. Entah magnet entah jebakan, pokoknya yang pasti, rasanya malasss sekali untuk beranjak keluar rumah. Sumpah, mager, males gerak. Dan kata-kata yang bilang bahwa “rumah adalah ke mana hatimu pulang”, hal itu gue rasakan sekali. Alhamdulilah.

1 komentar:

  1. Ihhhh Nabila, sambil baca nih postingan, aku langsung ngebayangin rumah kamu dan sekitarnya di gang bogor baru tercinta itu. Beneeeer banget, meski kayaknya asyik punya rumah gede macam punya Ahmad Dhani, tapi apa gunanya kalo batin kita hampa? Ketenangan batin itu ga bisa dibeli dengan uang. Mangkanya, aku juga paling suka rumah Mama Papaku di Bogor Baru, biar hiasan rumahnya patung garuda pancasila ga jelas dan piano ga ada tutupnya karena rusak didudukin sama aku, sofa ga nyambung warnanya, atap bocor ga dibenerin, tetap aja deh, nyaman dan tenang kalo udah di Bogor Baru B VII No. 15 mah. Ngerti banget perasaan males gerak kalo udah di rumah!Mangkanya pas sehari sebelum nikah, hati ini rasanya sedih sekali ninggalin kamar yang udah aku tempatin bertahun-tahun, padahal nih kamar butut bener lho!

    BalasHapus